Jumat, 20 Februari 2015

Hmm..Sebuah Peningkatan atau Hanya Ironi ?

Jadwal Ulangan Harian 'Teprogam'
yang mirip sekali dengan jadwal
UTS/UAS
Hola..pada akhirnya diri gua bisa mendapatkan waktu yang emang bener2 senggang buat update blog tercinta ini..yah hampir saja nih blog berakhir seperti blog-blog gua yang terdahulu, tak terusus dan ditinggalkan dalam keadaan yang tidak jelas..lha emang juga isinya nggak jelas sih..wkwk akibat diri gua yang terburu-buru buat blog tanpa pikir-pikir dulu. Jadinya malah ngalor-ngidul out of topic deh isi blognya..sama seperti isi post ini yang jg udh mulai ngalor-ngidul out of topic..-_- (mulai lelah sepertinya wkwk)



So..mengawali jumpa lama kita..gua ucapkan Gong Xi Fa Cai !! Selamat Tahun Baru Imlek 2015 bagi yang merayakan (woi elu ngerayain juga -_- !!) Bagi-bagi ya angpaonya (ngimpi luh..*BTW dapet 500k wew. .$$*). Wah..tahun kambing yang diharapkan dapat membawa keberuntungan bagi kita semua...Amiin !!

Yah, kebetulan sekali gua habis melaksanakan yang namanya UHT..apa ya itu UHT ? UTS versi baru kah ? Apa jangan-jangan semacammurid yang disisipkan di tengah semester ? Atau progam menteri pendidikan yang menuai protes para pelajar Indonesia di Twitter itu ? #sudahtjukupp

UHT merupakan singkatan dari Ulangan Harian Terprogam atau semacam Ulangan Harian biasa namun jadwalnya diatur..tp selain UHT tetep saja bisa jadi guru menghendaki jadwal ulangan harian lain yang menjadi kesepakatan murid dengan guru. Jadi bedanya ialah, dimana UHT merupakan kesepakatan sekolah dengan murid dan guru dan terjadwal, sedangkan Ulangan Harian biasa merupakan kesepakatan murid dengan guru dan bisa kapan saja diadakannya..

Yah, sebetulnya Ulangan Harian Terpogram masih serupa dengan Ulangan Harian biasa..hanya masalah waktu saja yang menjadi pembeda..seperti yang gua lalui saat masih kelas 10 pada semester 1 dan 2, serta kelas 11 semester 1. Namun entah kenapa ada yang beda dengan UHT sekarang..well, i smell something wrong..(biasanya indra penciuman gua agak error -.-")

Yah, bisa dibilang..tidak hanya gua sendiri, namun semua murid di SMA gua kelas 10 dan kelas 11 dibuat bingung oleh sistemnya. Pernahkah kalian mencicipi UHT rasa UTS/UAS ? Kl begitu kunjungilah Depot Jagalan dan dapatkan potongan harga sampai 50% untuk pembelian di atas Rp. 50.000,00 dengan menunjukkan kartu bank ABC. Dijamin maknyuuss..!! #buseettdah

Gua harus menghadapi soal UHT full uraian, dengan 2 paket AB-AB, satu kelas dengan adik kelas, dan 2 pengawas yang siap mengintai anda dimanapun anda berada wuahahaha..*wups maaf, lagi terbawa suasana*. Wah, memang benar-benar yah UHT semester ini..di saat kakak kelas sedang melaksanakan ujian praktek..kita semua malah dibuat 'sengsara' dengan sistem ini.

Soal tidak menjadi masalah bagi gua sendiri. Sulit atau nggaknya menjadi ukuran seseorang bahwa dia benar-benar serius belajar atau tidak. Apalagi sambil contek-contekan, ckck dasar anak jaman sekarang..pengennya instan terus. Masalahnya satu, gua juga ngelakuin !! Wkwk..biasanya sebagai orang yang paling sering dimintai contekan *ehem ehem*

Oke, kesimpulannya adalah bisa dibilang bahwa sistem semacan ini termasuk peningkatan, sekolah mungkin ingin para siswa dapat dengan serius memperhatikan nilai-nilai mereka, meningktkan kejujuran mereka dalam ulangan, ataupun bahkan melatih mental para siswa untuk menghadapi keadaan yang sama seperti kembali..

Tapi jangan salah, sistem seperti ini bisa juga disebut sebuah ironi. Apakah semua sekolah menerapkan sistem ini dalam kalender pendidikannya ? Benarkah sistem ini efektif untuk menunjang beberapa aspek pendidikan dalam diri siswa ? Atau hanyakah ini sebuah formalitas semata ?..yah hanya yang mencetuskan sistem inilah yang tahu akan jawabannya..sudah dulu ah !

*BTW, gua usahakan bisa update terus setiap hari..so stay tune ! Love, Milennium*

0 komentar:

Posting Komentar