Minggu, 22 Februari 2015

Riddler

Riddle me this ?
Hola guys, para pembaca setia blog ini. Sudah tidak sabarkah untuk menanti tulisan-tulisan gue yang bener-bener unik dan menarik ? Walaupun blog ini emang suatu hal yang tidak jelas menurutku ditemukan secara tidak sengaja. Namun aku merasa isinya sangatlah penting bagi gue. Dan kebetulan juga untuk 2 harian ini trafik blog gue meningkat..wah semoga saja terus seperti ini..terkenal deh gue wkwk !! #ngarep

So, hari gua akan membahas sebuah teka-teki yang selama ini menjadi hobi gua selain nge-blog atau nulis. Yep, siapa sih yang nggak kesel sama teka-teki ? Bikin pusing kepala mencari sebuah jawaban dari pertanyaan sepele yang nggak jelas ? Cukup memusingkan dibandingkan dengan teka-teki kehidupan..karena hanya kita dan Tuhan yang tahu akan jawabannya..

Yah, karena salah satu masalah di otak gue. Gue jadi ketagihan nih sama yang namanya teka-teki. Setiap hari buka lapak CYSTG di Kaskus buat nyari teka-teki fresh buat dipecahkan. Punya akun NDI AKA Net Detective Indonesia dengan ID "milenniumS" kl nggak salah..secara sudah lama juga gua udh nggak buka NDI lagi..

Kl ditelaah dalam-dalam teka-teki bisa menjadi sangat menarik dan menyenangkan lho guys..! Ya macam gue yang emang selalu menarik dan menyenangkan bagi kita semua (kege-eran lo..-__-).Dari sebuah pertanyaan yang nggak jelas dan nggak penting, perlu berpikir keras buat nyari jawabannya..dan ternyata sepele sekali. Membuat kita kadang tertawa sama macam pertanyaan jayusan wkwk..tp teka-teki juga banyak jenisnya lho..ni dia gue beritahu :

1. Pertanyaan Pendek
Teka-teki dalam bentuk pertanyaan2 pendek dan membutuhkan logika untuk menyelesaikannya
Contoh :
Ketika duduk ada 2, ketika berdiri jadi 1, ketika lari menghilang begitu saja. Apakah itu ?
Jawaban :
huruf D

2. Permainan Angka
Teka -teki dalam bentuk pertanyaan yg berkaitan dengan matematika dan penerapannya. Biasanya bentuk pertanyaannya melengkapi pola atau hitungan
Contoh :
1+5=10
2+6=20
3+7=31
4+8=44
5+9=...
Jawaban :
59. Karena polanya a+b=a+b+(ab) [/spoiler]

3. Sandi/Cipher
Teka-teki dalam bentuk sandi untuk dipecahkan
Contoh :
11 1 18 11 21 18
Jawaban :
KASKUS. Cara menterjemahkan sandi di atas dengan mengubah angka ke urutan huruf sesuai abjad

4. Jayusan
Teka-teki dalam bentuk pertanyaan2 yg konyol dan kadang jawabannya di luar akal sehat
Contoh :
Kenapa anak kodok suka loncat2 ?
Jawaban :
Namanya juga anak2

5. Case
Teka-teki dalam bentuk case atau kasus untuk diselesaikan layaknya detektif2. Case bisa jadi gabungan dari cipher, pure riddle story, dan permainan angka, bahkan bisa gabungan dari bentuk-bentuk riddle lain. Biasanya case bertujuan untuk mecari tidak hanya pelaku, namun motif dan cara membunuh korbannya juga dicari. Di bawah ini contoh case yang mudah fan hanya mencari pelaku saja.
Contoh :
Hari ini detektif Steven menghadapi sebuah kasus pembunuhan. Ditemukan mayat Mr. X tewas terbunuh di kamar mandi urutan ke tiga dari kiri di restroom sebuah mall.

Di tembok kamar mandi terdapat tulisan HNA. Tak ayal juga tanda panah ke arah kiri ditemukan di pintu kamar mandi. Selama berkeliling di sekitar TKP Steven juga menemukan potongan kertas bertuliskan L2. Hingga akhirnya ditemukanlah daftar tersangka :

1. Gendon, cleaning service
2. Flynn, cleaning service 2
3. Fahape, pengawal Mr.X
4. Milen, pengawal Mr.X 2

Kira2 siapa pelakunya ?
Jawaban :
Flynn. Pertama-tama pecahkan dulu kode yang diberikan, kode untuk kali ini dipecahkan menggunakan Chiper mundur 2 kali. Sesuai clue tanda panah ke arah kiri di kamar mandi nomor 3. HNA menjadi FLY, sedangkan dua L yang terpisaj menjadi 2 N yang bila disatukan akan menjadi Flynn.

6. Gambar
Teka-teki dalam bentuk gambar untuk dipecahkan maksudnya atau dicari kejanggalannya.
Contoh :


Tebak apa yang janggal hayo..
Jawaban :
Refleksi anak tersebut pada cermin yang seharusnya hanya keliatan bagian belakang kepalanya saja bukan ikut-ikutan menghadap ke depan

7. Cerita Pendek/Pure Riddle Story
Ini dia yg menjadi keahlian dan favorit gua dalam bermain teka-teki. Berupa cerita pendek yg harus diperdalam demi menemukan sebuah kejanggalan di dalamnya, ataupun menebak sebuah plot twist dan ending sebuah cerita.
Contoh :
Pada suatu hari diriku sedang sendirian di rumah. Ku nyalakan semua lampu untuk meredam suasana yang begitu mencekam. Dengan pelan aku pergi ke kamar mandi. Beberapa saat di dalam sana, terdengar suara barang jatuh di kamarku. Aku segera ke sana dan menyalakan lampu kamar. Fyuh, hanya suara tasku yang jatuh. Mungkin keberatan.
Jawaban :
Lah yang matiin lampunya siapa ? Padahal dia sendirian di rumah dan semua lampu rumah dinyalakan olehnya

Jadi begitulah pembagian teka-teki sesuai pengamatan gue selama beberapa bulan terakhir dalam bidang tersebut. Beruntung gue diangkat menjadi ketua komunitas "Riddle Academy" di forum KASKUS dan tentu saja gue mendapat apresiasi yang besar dari para kaskuser seluruh Indonesia. Dan kebetulan gue juga memegang kompetisi teka-teki bentuk cerita pendek/pure riddle story yang sudah diadakan sejak akhir 2013 lalu, dan diadakan per-bulannya.

Ini dia link Riddle Academy :
Riddle Academy -Reborn-
Ini dia link untuk kompetisi yang sedang gue pegang, terbuka untuk semua dan kuota pesertanya terbatas :
Riddle Beruntun Competition 7th -Riddler's Battle-

Sudah dulu ah !

0 komentar:

Posting Komentar